[Cek Fakta] Imigrasi Tahan 300 WN Tiongkok Pembawa 3.000 Senjata Api? Ini Faktanya

10 June, 2020

08 Juni 2020 07:47

Beredar narasi bahwa pihak imigrasi menahan sebanyak 300 Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok yang membawa senjata api (senpi) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten. Narasi ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook Zain Akbar yang turut mengunggah sebuah tangkapan layar berisi narasi tersebut, Minggu 7 Juni 2020. Narasi itu seolah-olah diterbitkan situs berita CNNIndonesia.com, Kamis 4 Juni 2020 dengan tambahan 4 foto pendukung.
 
"DINAS IMIGRASI TAHAN 300 ORANG WNA CHINA ILEGAL, PEMBAWA 3.000 SENPI AK-46 & JENIS TERBARU, SERTA 5.000 PELURU YANG BARU TRANSIT DI BANDARA SOETA...," bunyi penggalan narasi yang beredar.

nggahan ini ramai direspons warganet. Terdiri dari 361 emotikon, 266 komentar dan 507 kali dibagikan. Berikut sejumlah komentar yang muncul:
 
"Indonesia SDH terkepung. Ini bagaikan bom waktu," tulis akun Sehat Banureast, Minggu 7 Juni 2020.
 
"SETELAH NARKOBA DAN TKA WNA CINA MASUK INDONESIA, KEMUDIAN SENJATA NYA MASUK INDONESIA UNTUK KUASAI INDONESIA... PRIBUMI MASIH MIMPI DALAM TIDURNYA," tulis akun Mapphi, Minggu 7 Juni 2020.
 
"Yg jelas si BOWO KEMANAH," tulis akun Muhammad Umar Khattab, Minggu 7 Juni 2020.
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa pihak imigrasi menahan sebanyak 300 WN Tiongkok yang membawa senjata api dan lain-lain di Bandara Soetta, adalah salah. Faktanya, tidak ditemukan informasi valid mengenai hal tersebut.
 
Merujuk situs pemeriksa fakta, Turnbackhoax.id, narasi tersebut dipastikan kabar bohong alias hoaks. Pasalnya tidak ditemukan di dalam situs berita CNNIndonesia.com, artikel berisi narasi tersebut.
 
"PALSU. Selain artikel dengan judul tersebut TIDAK ada di CNN Indonesia, foto-foto yang disertakan TIDAK berkaitan dengan narasi," tulis Turnbackhoax.id dalam laporannya, Minggu 7 Juni 2020.
 
Juga dijelaskan di dalam laporan itu, 4 foto pendukung tidak berkaitan dengan narasi yang beredar. Pertama, foto bergambar sejumlah amunisi. Diketahui foto itu telah beredar pada Selasa 3 September 2013.
 
Kedua, foto bergambar sejumlah senjata api berwarna cokelat dan hitam. Diketahui foto itu telah beredar pada Rabu 21 September 2011. Ketiga, foto bergambar sejumlah WN Tiongkok. Diketahui foto itu telah beredar luas. Di antaranya pada Selasa 12 Mei 2020.
 
Terakhir, foto bergambar senjata api berwarna hitam. Diketahui foto itu telah beredar pada Kamis 26 Juli 2012.

Kesimpulan:
Klaim bahwa pihak imigrasi menahan sebanyak 300 WN Tiongkok yang membawa senjata api dan lain-lain di Bandara Soetta, adalah salah. Faktanya, tidak ditemukan informasi valid mengenai hal tersebut.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100 persen tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta.

Source: https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/8KyXmqEk-imigrasi-tahan-300-wn-tiongkok-pembawa-3-000-senjata-api-ini-faktanya

Hello, this is Document Management System (DMS). You can check us in here

We work closely with