Anies: Hampir Pasti PSBB DKI Jakarta Diperpanjang

16 April, 2020

Kamis, 16/04/2020 21:09 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperkirakan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta akan diperpanjang. Menurutnya, waktu 14 hari untuk PSBB belum cukup untuk menghentikan penyebaran virus corona (Covid-19).

Hal tersebut disampaikan Anies dalam rapat virtual bersama Tim Pengawas DPR RI Penanggulangan Covid-19, Kamis (16/4).

"Hampir pasti PSBB diperpanjang, oleh sebab itu, ini sebagai satu fase. Ini fase pertama, ini minggu pertama," kata Anies.

Lebih lanjut, Anies mengatakan Pemprov DKI juga sejak awal sudah mengasumsikan PSBB akan berjalan lebih panjang. Meskipun demikian, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengaku belum mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan jika PSBB harus diperpanjang.

"Tapi berapa lamanya, saat ini setahu saya di seluruh dunia belum ada yang bisa selesai. Bahkan di Tiongkok pun, Wuhan masih menghadapi masalah, padahal mereka berjalan sudah empat bulan," ujarnya.

"Artinya kita di Jakarta juga harus bersiap untuk periode (PSBB) yang mungkin agak panjang," lanjut Anies.

DKI Jakarta menerapkan PSBB sejak 10 April 2020. PSBB DKI itu akan berlangsung 14 hari atau hingga 23 April.

Terkait evaluasi pelaksanaan PSBB di pekan pertama, menurut Anies, masih dibutuhkan kampanye kesadaran terkait bahaya wabah virus corona. Pasalnya, pemahaman atas masalah virus corona belum merata di masyarakat.

Menurut Anies, hal itu terlihat dari wilayah-wilayah perkantoran menengah ke atas yang sudah mulai tertib melaksanakan PSBB, seperti di kawasan Sudirman, Thamrin, Kuningan, dan Gatot Subroto.

"Memang secara umum yang bekerja di wilayah-wilayah ini memiliki informasi yang lebih lengkap, sehingga mereka lebih waspada, terlihat di pusat-pusat perkantoran: di Sudirman, Thamrin, Kuningan, Gatot Subroto (jalanan lebih sepi). Tapi di tempat-tempat lain masih belum," ujarnya.

Diketahui, pelaksanaan PSBB sendiri bakal lengkap digelar di wilayah DKI Jakarta dan penyangganya: Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang atau Jabodetabek pada akhir pekan ini. Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Bekasi, serta Kota Depok telah menggelar PSBB sejak Rabu, 15 April 2020. Sementara itu Tangerang Raya yang meliputi Kabupaten dan Kota Tangerang, serta Kota Tangerang Selatan akan menggelarnya mulai Sabtu, 18 April 2020. 

Source: cnnindonesia.com/nasional/20200416172240-20-494265/anies-hampir-pasti-psbb-dki-jakarta-diperpanjang






Hello, this is Document Management System (DMS). You can check us in here

We work closely with